Jakarta, CNBC Indonesia – Ekonomi Indonesia tercatat tumbuh pada kuartal I-2024 tumbuh 5,11% (year on year/yoy). Konsumsi rumah tangga dan investasi atau pembentukan modal tetap bruto (PMTB) menjadi penopang utama pertumbuhan pada kuartal ini.

Plt Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Amalia A. Widyasanti mengatakan penyumbang utama pertumbuhan ekonomi dari sisi pengeluaran adalah konsumsi rumah tangga dan PMTB. Ini didorong oleh momen Lebaran dan Pemilu 2024.

“Meskipun demikian pertumbuhan tertinggi terjadi di konsumsi LNPRT yang didorong Pemilu,” kata Amalia dalam rilis BPS, Senin (6/5/2024).

Dari data BPS, LNPRT atau konsumsi pemerintah tumbuh 24,29%. Konsumsi pemerintah tumbuh tingggi didorong realisasi belanja barang pada kegiatan persiapan dan pelaksanaan dana pengawasan Pemilu, serta kenaikan realiasai belanja pegawai dan sosial.

Adapun, sumber sumber pertumbuhan kuartal I-2024 tetap konsumsi rumah tangga yang mencapai 4,91% dan konstribusinya mencapai 54,93%.

“Kontribusi ini meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya atau tahun lalu,” ungkap Amalia. Sementara itu, PMTB tumbuh 3,79% dan kontribusinya mencapai 29,31%.

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Konsumsi Warga RI Selamatkan Ekonomi RI di Kuartal IV


(arj/haa)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *